Selasa, 03 Juni 2014

Curhatan gue : Tes DKV-ISI reguler 3 juni 2014

Ohalo halo halooo.... :D

Ok, jadi gini,, gue ngepost ini malem tanggal 3 juni, and it's mean that baru tadi pagi gue ikutan tes. jadi ini masih Fresh banget,, khhehe..

Sebelum ke inti cerita,, sekilas tentang kisah gue dulu nih,, (karna ini ceritanya emang curhat), ,,

kalo kalian baca postan gue yang sebelum-sebelumnya,, kalian bakalan tau kalo gue awalnya pengen masuk FSRD-ITB. Iyee,,  kampus yang beken-sombong-elite-keren ituu...
Nahh,, singkat cerita, karna gue gak lulus masuk sana, jadi gue kuliah di Psikologi UIN-SUKA yogyakarta.. Udah setaun gue ngejalanin kuliah di sana, gue nyoba nerima dan menikmati semuanya.. tapi apa mau dikata.. Jiwa gue bukan disana.
Ada saat-saat dimana gue desparate.. ngrasa salah tempat, ngrasa terasing dan sebagainya.. Bukan karna gue gak bisa ngikutin materi kuliah atau karna gak suka sama psikologi,, Gue gak sebodoh itu sampe gak bisa ngikutin materi kuliahnya,, dan sejujurnya juga psikologi itu cukup menarik buat gue, juga merupakan pilihan ke-2 gue pas SBMPTN.
Tapi ada sebagian diri gue yang gak puas.. ada sebagian diri gue yang pengen megang pensil buat ngegambar.. dan ada sebagian diri gue yang pengen hidup di dunia kreativ..
Emang sih cuman sebagian,, tapi tetep aja itu berat banget dan ngebikin hidup gue gak tenang,, (lebay nih.. hhaa..)

Suatu hari di akhir semester 2, gue mutusin buat nyoba ngejar mimpi gue lagi.. Dan pilihan gue jatuh ke DKV-ISI. Alasanya, karna ISI itu negeri.. DKV akreditasinya A.. dan kayanya gak kalah beken sama ITB di bidangnya,, hahaha.. (yang terakhir abaikan aja)
Nahh, sesuai dengan kepopuleranya,, DKV itu salah satu jurusan favorit di ISI, jadi peminatnya pun bejibun.. kalo kabar yang gue dapet tadi pagi pas tes itu bener, kira-kira kaya gini :

Sekilas DKV-ISI

Ada 3 jalur buat masuk DKV, jalur Khusus, Reguler dan non-Reguler. (ah, kalo ada yang belom tau, ISI itu gak ada jalur SMBPTN or SNMPTN). Dibagi 2 gelombang tes.

Jalur khusus itu buat yang PMDK, bidik misi, pendidikan linear, terus apa lagi yah? Hmm, gue lupa,, pokonya mah buat orang berprestasi dan punya rekomendasian dari pihak sekolah. Terus jalur ini juga cuman buat orang-orang yang baru lulus. Kalo mo lebih lengkap bisa cari tau di web ISI-nya.
Biasanya pendaftaran dan tes jalur khusus paling awal dan soal tesnya lebih susah, beda sendiri. Terus jalur ini juga cuman ada di gelombang pertama aja. Khusus gitu lohh,,

Jalur Reguler itu jalur biasa.. jadi yaa,, ikut tes gitu. hahaa,, yah, pokonya jalur ini tuh bebas buat lulusan taun kapan pun dan gada batasan umur.. jadi meskipun umur kita udah 30 tahun lebih dan masih mau kuliah di sana, ga masalah. Dan emang bener., pas gue tes tadi pagi, gue masih bisa nemuin orang bertampang om-om gituu.. hhee.
Pendaftarannya ada di gelombang pertama dan ke-2 dengan kuota yang berbeda.

Jalur non-Reguler ini bisa dibilang jalur tambahan.. jadi, ini tuh jalur yang gak di subsidi sama pemerintah. Hhm, kurang lebih begitu. Kalo pendaftaran jalur khusus sama reguler gratis, jalur non-reguler ada biayanya (yang entah berapa gue kurang tau). Terus jalur ini cuman ada di gelombang ke-2 aja.

Persaingan DKV

Kuota totalnya itu 90.
Jalur khusus + reguler = 45
Jalur non-reguler = 45

Di gelombang pertama :
Jalur khusus kurang lebih 10.
Jalur Reguler kurang lebih 30.

Di gelombang ke-2 :
Jalur reguler kurang lebih 5.
Jalur non-reguler 45.

Tadi pagi, gue tes reguler. Dan seperti yang udah gue sebutin di atas, yang di ambil cuman 30 orang dan yang ikut tes kurang lebih cuman 500 orangan.
Ulangi.
Cuman 500 orang!!
500 orang!!
500 !!

500 orang ngerebutun 30 kursi. Dan itu cukup bikin nyali ciut.
Gue jadi paham kenapa ada orang yang bolak-balik ikut tes dan masih belom keterima.. -____-
Kalo gue analisis, Jalur non-reguler kuotanya lebih banyak dan kesempatan masuk lebih besar.
Rata-rata pesertanya juga kayanya dari peserta gelombang pertama reguler yang gak keterima. It's mean, sainganya udah berkurang 'dikit'.
Tapi e tapi,, seperti yang udah gue bilang di atas, pendaftaran non-reguler gak gratis. Dan untuk gue yang cinta gratisan, gue tetep milih reguler :3

Sekilas soal Tes

Nah, tesnya itu terdiri dari tes praktek (ngegambar) dan tes wawancara.
Selama ini, gue selalu nyari-nyari contoh soal nya buat latihan,, tapi gak pernah dapet. Gue bingung. Kan stiap tes soalnya beda.. terus kenapa gak pernah ada yang nge-post contoh soal taun lalu?? Toh soal taun lalu juga gakan dipake lagi.. -_-

Atas pertimbangan itu, gue sempet motret soal tes tadi pagi,, sebenernya di kertas soalnya di tulis "soal jangan dibawa pulang", tapi gue motret. dan gue gak tau apakah ini termasuk tindak kriminal atau apa, hahaha..
Tapi, gue bakalan seneng banget kalo seandainya soal ini bisa ngebantuin orang-orang yang mau ikutan tes DKV-ISI atau DKV di tempat lainya..
Soo,, ini dia,,

Soal Tes Keterampilan (gambar Ilustrasi) DKV-ISI reguler 3 juni 2014

buatlah gambar yang bersifat ilustratif sebagai berikut :
"Pak Wira adalah seorang penjual bakso sapi. Lapak baksonya berupa tenda plastik. berada di tepi persimpangan jalan yang cukup ramai dan strategis. Di dalam lapaknya terdapat gerobak untuk meracik bakso, meja dan bangku. Di luarnya terpasang selembar tirai kain yang bertuliskan "Bakso Sapi Mieroso" dilengkapi gambar sapi. Bakso buatan Pak Wira memang menjadi favorit masyarakat disekitarnya, selain  memang terbuat dari daging sapi asli, harga relatif terjangkau, juga selalu memperhatikan faktor hiegenis. Para pelanggan didominasi oleh para remaja pria dan wanita. Mereka berdatangan silih berganti. Ada yang berjalan kaki, ada juga dengan bersepeda motor."
(by the way, setahu gue semua pesertanya tadi dapet soal yang sama kaya gini)

Hmm, di keterangan soalnya ditekanin beberapa hal, tentang tokoh utamanya (pak wira) dan para pelangganya. Tiphografi di tirai kain. disaranin juga buat ngegambar kendaraan mobil buat 'ngebangun suasana'.

Buat alas gambarnya, kita tadi dikasih kertas 3A, tapi kita disuruh bikin frame disana seukuran HVS (21,5 cm x 30 cm), terus di sediin juga 2 kertas (yang kayanya) buat bikin konsep n corat-coret awal. kita di kasih waktu 2 jam buat nyelesein gambar kita.

Nah,, beberapa hal yang gue pelajarin setelah ngerjain soal ini, ada beberapa hal yang harus di perhatiin..
1. perspektif, harus jelas dan rada di mainin. kalo bisa coba perspektif yang rada ekstrim, kaya mata burung or mata kodok. tapi yahh,, kalo bisa ya, kalo bisa. kalo misalkan gak bisa, jangan maksain.. gunain aja perspektif mata manusia, dan perkuat aspek lain.
2. gesture, gak boleh kaku dah harus luwes. kamu harus merhatiin gesture orang makan kaya gimana, orang lagi jalan, lagi ngobrol dsb deh,,
3. ekspresi, semakin banyak dan beragam ekspresi yang kamu gambar semakin bagus. ada yang lagi sedih, bosen, seneng, antusias dsb. biasanya ekspresi ini gak lepas sama gesture. sepaket lah..
4. ragam karakter manusia, maksudnya.. kamu harus bisa ngegambar orang dengan berbagai macam bntuk wajah, proporsi tubuh, dan berbagai macam usia. jadi misalnya ada orang yang wajahnya kotak/bulet dengan tubuh gempal/gendut, ada yang mukanya lonjong, badanya kurus, ada yang tinngi dan pendek. ada anak kecil, dewasa, orang tua. Terus, jangan lupa sama detainya. kaya rambut karakter juga gak boleh sama semua. harus ada yang keriting, lurus, panjang, pendek, spike, or di kasih aksesoris sekalian. kostumnya juga,, kalo remaja bisanya pake baju apa.. kalo anak kecil, orang dewasa, guru gimana,, dsb gitu deh.
5. elemen tambahan, hal yang sangat disarankan untuk ada di gambar kamu itu adalah kendaraan,  tumbuhan dan hewan (jangan lupa sama gesturenya juga). oh, sama tipograpi dan masukin juga beberapa merek/logo (bisa yang udah terkenal atau kamu bikin yang baru).
6. detail, buat yang ini tergantung temanya apa. misalkan kaya soal yang di atas, kamu harus merhatiin apa aja yang biasanya ada di tukang baso (yang gak disebutin di soal). tukang cuci piringnya kek, kasirnya kek, detail peralatan kaya sendok, garpu n sumpit juga.
7. kejutan-improfisasi, ini bakalan jadi nilai plus yang lumayan gede buat kita kalo bisa masukin unsur ini. buat soal yang tadi, bisa aja kamu kasih adegan dimana ada gelas tumpah n pecah gara-gara pelayanya kesenggol sama pelanggan lain. atau misalkan ada anak yang nangis gara-gara baksonya jatoh.. yahh,, ini tergantuk kekreatifitasaan kita sih.. hal kaya gini juga bisa ngebikin gambar kita lebih hidup dan menarik.
iyaa,, intinya tuh supaya gambar kamu gak sekedar gambar yang kosong, tapi terkesan hidup dan komunikatif.

Ok, gue tau ini emang ini berat dan nuntut banget,,
gue juga pas ngerjianya ng-blank.. yeah, secara teori gue apal di luar kepala,, tapi pas praktek? meh.. :/
gue juga sebenernya gak yakin sama gambar gue tadi pagi,, awalnya sempet mau gue potret buat dijadiin contoh, namun, saking malu dan kecewanya sama gambar gue,, karna banyak hal di atas yang gue gak lakuin n gak gue lupain,, akhirnya gue gak mau motren gambar gue itu., cedih emang T____T

tapi yaahh,, at last, gue jadi bisa lebih belajar akan kesalahan gue tadi pagi n bisa ngepost kaya gini :)
mungkin kesanya kurang bijaksana kalo gue ngasih saran ini itu tapi guenya aja belom berhasil dan terancam gagal dalam prakteknya lagi,, tapi yahh,, gue pengen pengalaman gue tadi bisa dijadiin pelajaran buat orang lain.. :)

selanjutnya..

Tes Wawancara

Buat tes ini, bener-bener gada patokan, Tergantung sama siapa yang ngewawancara kita disana (biasanya para dosen sana). Nah, ada pewawancara yang serius n nanya macem-macem, ada yang santei aja n cuman nanya apa yang kamu isi di kuisioner (yang harus diisi setelah ujian praktek), pokonya bener-bener gak bisa di prediksi.
Ada sih beberapa yang ngasih tips-tips buat wawancara.. kaya kita harus optimis (cenderung egois) sama tujuan kita buat lulus tes. ada juga yang ngasih contoh pertanyaan,, tapi bener deh,, gada patokan. Tujuan wawancara ini cuman mau ngebuktiin kalo kamu bener-bener gak salah jurusan n serius mau masuk DKV.
Emang sih, ada beberapa aspek yang di nilai, (yang entah apa itu), ada juga orang-orang yang ngebawa fortopolio or karya-karya dia yang udah jadi yang katanya bisa buat nilai tambahan.  Tapi tetep harga mati kelulusan tuh tetep ada di gambar kita yang tadi.

Kalo gue, tadi pagi dapet pewawancara yang santei n woles, gak bikin tegang. Meski gitu gue tetep pengen nangis pas ditanya kenapa mo masuk sana padahal udah kuliah (lebay.. hhaa). Terus, gue juga gak bawa portofolio apapun,, yeaah,, gue bahkan baru tau kalo portofolio bisa jadi nilai tambahan tadi pagi.. -____-


Ok then,, itu dia curhatan gue hari ini..
Sebenernya gue pesimis banget buat lolos,, tapi ini baru gelombang pertama, so, masih ada gelombang ke-2..
Meskipun kuotanya cuman 5 orang,, gue tetep mau ngejar yang reguler.. agak setres juga sih mikirinya,, gue kan gak tau 5 kursi itu mau di rebutin sama berapa orang.. gue sih berharap orang-orang bakalan lebih tertarik sama non-reguler hhee.. (eh taunya yang mikir kaya gini gak cuman gue aja wkwkwk,,)
Dan kalo misalkan taun ini masih gak keterima,, mungkin gue mau nyoba lagi taun depan :3

Menurut gue, Selama kita hidup akan selalu ada kesempatan kedua jika kita mau berusaha :)
So, buat kalian yang mau ngeraih mimpi kalian,, jangan pernah menyerah..
Karna semua yang lakukan sebelumya bakalan sia-sia saat kalian memutuskan untuk menyerah...

Tetep semangat,,
And, Adioss,,, :D

35 komentar:

  1. Hallo, thanks ya kaa postingannya sangat membantu. Saya mau ujian praktek dkv nih tgl 28 besok tapi yg non reguler. Kira kira soalnya sama ga ya kaya yg kaka ceritakan diatas?

    Trus untuk peralatan menggambarnya bawa sendiri atau disediakan?
    Trus kalo soal yg kaya kaka ceritakan diatas itu harus diwarnain atau cuma gambar pensil aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda2 sih gitu itu tes nya biasanya :'))

      Hapus
    2. Waah kaaaakkk makasiiih bangeeeett , ngebantu banget infonya :'"") , aku dari kemarin kaya gaada arah gitu karna gatau gambaran testnya gimana , alhamdulillah kakak share ini duh :" makasih banyak ya kaak semoga murah rezeki hehe

      Hapus
  2. Ini infonya sangat membantu, aseli kak makasih banget ((: akhirnya bisa dapet gambaran buat masuk test dkv itu ngapain aja so bisa dipersiapin sejak dini ((: makasih kaaak

    BalasHapus
  3. terimakasih atas info nya kak, sangat membantu ,,

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak kak infonya. Ternyata cukup berat ya untuk menggambar. Ga hanya sekedar menggambar saja.

    BalasHapus
  5. Terimakasih banyak kak infonya. Ternyata cukup berat ya untuk menggambar. Ga hanya sekedar menggambar saja.

    BalasHapus
  6. Ini informasi yang aku cari... thanks banget ya!!

    BalasHapus
  7. makasih banyak kak infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  8. Kak, mau dong share teori buat tes dkv nyaa ><

    BalasHapus
  9. kak tes dkv soalnya itu kyk gimana? kayak ujian biasa gtu gk sih? :'v yang ada matpel ips/pkn/dll..
    ujiannya gk kayak gtu kan yah?

    BalasHapus
  10. kak tes dkv soalnya itu kyk gimana? kayak ujian biasa gtu gk sih? :'v yang ada matpel ips/pkn/dll..
    ujiannya gk kayak gtu kan yah?

    BalasHapus
  11. Terimakasih, sangat membantu

    BalasHapus
  12. Yg dimaksd tadi pad bawa portofolio itu apaan y? Mksdnya portofio apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil karya masing2. contohnya hasil motret, desain, piagam, penghargaan.. gt gt deh

      Hapus
  13. kak tes masuk DKV ada tes teori nya gak? terima kasih

    BalasHapus
  14. Makasih ka, sekarang kaka dah di ISI kah ??

    BalasHapus
  15. Kak, mau nanya2 seputar dkv isi dong pls

    BalasHapus
  16. pengen banget masuk dkv, tapi basicnya belum luas. Langsung drop -_-

    BalasHapus
  17. Kak kalau tes dkv ada tes tulis mapel apa engga

    BalasHapus
  18. Wahh... Makasi banget infonya kak... Pas banget, aku juga mau banget masuk dkv isi

    BalasHapus
  19. terima kasih banyak kak infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  20. Makasih kak infonya , bikin tambah semangat buat masuk DKV

    BalasHapus
  21. makasih banyak kak infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  22. Kak mau tanya
    Berarti itu boleh bawa hp kan pas di dalem ruang tes? Boleh buat searching referensi nggak kak?

    BalasHapus
  23. klo org spikolog yg kasi info,,mah,jelas dan enak di bacalah;), mks infonya kak

    BalasHapus
  24. Makasi kak sangat membantu:)

    BalasHapus
  25. kak, mau tanya. itu alat gambarnya bebas kan?

    BalasHapus